Student State?

Tahukah kamu apa itu student state? benar... Student State adalah negara mahasiswa. Apa itu student state? Student state merupakan sebuah miniatur negara yang berada di kampus. Tahukah kamu, kampus mana yang mempunyai Student state di Indonesia? pusing?okelah saya akan beri tahu...Kampus yang mempunyai student state ada di Universitas Andalas Padang.

Gimana sejarahnya berdirinya Student State di Universitas Andalas? 

baiklah saya akan bercerita sedikit tentang Student State di Unand:

Latar Belakang
Dimasa orde baru, kegiatan kemahasiswaan di awasi oleh pemerintah waktu itu. mengekspresikan pendapat di hadapan umum dilarang, karena dapat menganggu kerjanya pemerintah.
Kekuasaan orde baru yang 32 tahun dan adanya pengekangan dari rezim ini, mendorong pergerakan mahasiswa. Dimana dimulai oleh aksi Mahasiswa Trisakti Jakarta, dimana ketika itu jatuh 4 korban yang ditembak oleh orang yg tidak dikenal. kejadian itu mendorong aksi-aksi selanjutnya dan akhirnya jatuhlah rezim orde baru. Peristiwa tersebut dinamakan Reformasi.

Pasca Reformasi, organisasi kampus mulai berbenah diri tak terkecuali organisasi mahasiswa di Universitas Andalas. Pada tahun 1999, keluarlah KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI : NOMOR 155/U/1998 TENTANG PEDOMAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN diikuti oleh SK REKTOR UNIVERSIRTAS ANDALAS NOMOR 5315/XIII/A/UNAND-1999 TENTANG ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS ANDALAS. Dengan adanya kepmen dan SK rektor tersebut yang menjadi landasan bagi mahasiswa dalam berorganisasi. Maka, selanjutnya mahasiswa Universitas Andalas mengadakan KONGRES MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS dan tanggal 15 November 1998 terbentuklah Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas.

Bentuk Student State Universitas Andalas
* KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS IALAH NEGARA MAHASISWA YANG BERBENTUK KESATUAN
* LEMBAGA EKSEKUTIF ADALAH BEM (BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA)TERDIRI ATAS PEMERINTAH PUSAT YAKNI BEM KM UNAND DAN PEMERINTAH FAKULTAS / POLITEKNIK YAKNI BEM F/P
* LEMBAGA LEGISLATIF ADALAH MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) yang terdiri dari DPM (DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA), DPF (DEWAN PERWAKILAN FAKULTAS).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal-Hal Yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Mahasiswa Ngerekos

Mata Kuliah Teknik Industri Universitas Andalas