Hal-Hal Yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Mahasiswa Ngerekos

Punya nilai C di KHS? Atau C+? Sama aja ada. Kedua-duanya mengganggu pemandangan dalam transkrip nilai. Gak ada cara lain kecuali REKOS. Ini kalau kamu gak mau ada nilai C dalam ijazahmu kelak. Kalau kamu gak apa-apa dengan nilai C tadi, yaudah gak apa-apa. Langsung program Tugas Akhir aja dalam KRS-mu.

Berikut hal-hal yang hanya bisa dirasakan oleh kamu-kamu yang ngerekos mata kuliah.

1. Enggan masuk
Iyalah enggan. Secara, dalam kelas itu hampir semuanya adalah adek kelasmu. Kamu ngerasa malu. Takut dikira bodoh, dsb. Soalnya, mahasiswa yang ngerekos mata kuliah itu kan emang gara-gara belum lulus atau lulus tapi gak memuaskan. Kesimpulannya, dia bego. Jadinya kamu sengaja bangun kesiangan biar telat masuk kuliah.
Oke, yang paling malu dan bikin enggan sih sama dosen yang ngajar. Bayangin, kamu ketemu lagi sama dia di mata kuliah yang sama, materi yang sama. Berdoa aja moga si dosen gak nyebut-nyebut nama kamu saat beliau memaparkan kuliah atau malah nanya kamu.
Masalah lain adalah si dosen yang enggan masuk. Jadinya kamu nunggu-nunggu kabar di grup LINE kalo-kalo si dosen udah masuk. Begitu ada kabar si dosen udah dateng, kamu malah baru ngambil handuk. Pergi ke kamar mandi.

2. Malu duduk di depan
Siapa juga yang mau duduk tepat di depan hidung dosen yang lagi ngajar. Apalagi kalo ceritanya kamu adalah mahasiswa yang ngerekos mata kuliah dia. Otomatis kamu gak mau duduk di depan. Begitu masuk kelas (udah telat juga), kakimu langsung menuju deretan kursi paling belakang. Mission complete, lets’s sleep!

3. Ngantuk di kelas
Mungkin karena kamu bosan dengerin dosennya ngejelasin materi yang sama dengan cara yang sama pula, kamu cenderung males konsentrasi. Dengan mudahnya kamu terserang virus sleepy di kelas. Ini aman aja kamu rasa, karena kamu duduk di belakang. Tapi ati-ati ya, kali aja si dosen merhatiin. Entar kamu dilempar pakai laptop.

4. Kehilangan narasumber
Bingungnya pas ada tugas, baik tugas pribadi atau kelompok. Kamu belingsatan cari tugas yang bisa disalin. Padahal tugas itu udah pernah kamu kerjain tahun lalu. Emang gak ada niat aja. Karena bukan teman seangkatan, kamu segan minta liat tugas adek kelas. Tapi ada juga sih yang nyantai aja minta sama si adek kelas. Wong pacarnya sendiri (makanya kalo ngerekos, langsung deh cari pacar adek kelas).
Tugas kelompok sih gak beda jauh kisahnya. Kalo kelompoknya dosen yang nentuin, kamu bisa santai. Tapi kalo ditentuin sendiri? Kalo kamu tipe orang yang peduli dengan nilai tentu bakal panik. Beruntunglah mereka yang bisa SKSD (sok kenal sok dekat). Hey, Dek, kakak bisa gabung kelompok kalian kan? Entar ngerjainnya di kos kakak deh. Nanti disediakan makanan (baik hati amat).

5. Saat UAS kamu deg-deg an
Ketika hari pengukuhan, eh hari eksekusi tiba, kamu ketakutan setengah mampus. Masalahnya apa? Karena kamu ngerekos, urutan absen pertama adalah nama kamu, otomatis kamu duduk di depan kalo ujian! Berhadapan langsung dengan hidung pengawas. Ada yang lebih horror lagi? Sementara kamu selama hari-hari kuliah datangnya telat (bahkan sering gak datang), duduk paling belakang (dan ngantuk tanpa dengerin dosen) dan gak ambil bagian dalam ngerjain tugas. Pas ujian mengutuki diri sendiri.
Mau jadi apa kamu, Nak?

6. Ada saatnya kamu ‘sadar’
Seberandal-berandalnya dan semalas-malasnya kamu, pasti ada masa-masa kamu juga menginginkan dirimu berada di posisi teman-teman seangkatanmu yang udah atau lagi nyusun skripsi. Andai saja kamu gak usah ngerekos. Andai saja sks mu udah terpenuhi buat program Tugas Akhir di KRS. Saat-saat seperti itu, kamu pun merenungi semuanya. Lagi-lagi penyesalan menghampirimu. Andai saja aku kuliahnya bener..
Orang tua pun mulai mempertanyakan pertanggungjawabanmu. Kapan lulus? Buat kamu yang masih punya hati nurani, pertanyaan dari orang tuamu itu pasti akan jadi beban buat kamu. Beban yang akan kamu pikirkan cara menyelesaikannya. Tapi buat kamu yang hati nuraninya udah ilang, mungkin kamu bakal jawab, “Sabar aja, Ma. Kuliah itu harus dinikmatin. Gak perlu cepat-cepat lulus.”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Student State?

Mata Kuliah Teknik Industri Universitas Andalas