"BaPer" Engineering (Kansei Engineering)

Apakah itu Kansei Engineering ?

Kansei Engineering berasal dari Jepang dan merupakan pendekatan terstruktur untuk desain sensorik atau merancang untuk indra. Ini telah membentuk banyak produk yang sukses termasuk mobil Mazda dan pengenalan Sharp dari camcorder berbasis LCD yang memungkinkan mereka untuk menangkap tambahan 21% dari pasar tersebut. 

 Hubungan antara "Kansei" negara atau sensorik dan mental dan fitur produk, fungsi dan bentuk yang secara empiris dipelajari. Temuan ini digunakan untuk merancang produk dan layanan yang mencakup unsur-unsur tertentu (fitur, fungsi, bentuk) untuk membuat dampak sensorik atau mental yang baru.

Pemodelan dan analisis difokuskan pada semantik produk atau analisis statistik kata Kansei (sebagian besar kata sifat yang menggambarkan persepsi, emosi, kesan dan perasaan) dan bagaimana perubahan featuress produk tertentu berkorelasi dengan kata-kata. Data dikumpulkan dari survei pengguna dan analisis statistik dapat dilakukan dengan menggunakan regresi, analisis komponen utama atau pola yang lebih eksotis menemukan teknik jaring saraf seperti, algoritma genetika dan set kasar. Pertanyaan dirancang menggunakan atribut bipolar dan peserta diminta untuk menilai mana produk jatuh pada kontinum atau skala (mis sederhana sampai yang kompleks atau menarik untuk membosankan). Dalam beberapa pendekatan, enthnographic, teknik pengamatan dan wawancara juga digunakan untuk mendapatkan kata-kata Kansei.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Student State?

Hal-Hal Yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Mahasiswa Ngerekos

Mata Kuliah Teknik Industri Universitas Andalas